Monday, January 31, 2011

FIFA Kembali Bagikan Keuntungan Piala Dunia 2010 Kepada Negara Anggotanya

FIFA Kembali Bagikan Keuntungan Piala Dunia 2010 Kepada Negara Anggotanya. Dalam waktu dekat, FIFA akan membagikan bonus kepada hampir seluruh negara anggotanya, masing-masing sebesar 300ribu dolar AS atau setara dengan 2,7 miliar rupiah. Asosiasi Sepakbola Brunai, yang diskors FIFA hingga Juni 2013 tidak berhak mendapatkan bonus ini.

Sementara itu, keenam konfederasi yaitu UEFA, Conmebol, Concacaf, AFC, CAF, dan OFC dipastikan menerima 2,5 juta dolar (22,5 miliar rupiah).

FIFA mengklaim dana untuk memberikan bonus itu berasal dari keuntungan iklan saat menyelenggarakan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Kabarnya pemasukan mereka dari sekto ini sejak 2007 mencapai 3,4 miliar dolar (30,7 triliun rupiah). Hanya, laporan resmi keuangan FIFA selama empat tahun terakhir baru akan dirilis pada Maret mendatang.

Organisasi sepakbola dunia ini berharap bonus yang termasuk dalam kategori financial assistance program (FAP) itu bisa digunakan setiap anggota untuk pengembangan sepakbola sekaligus membiayai keikutsertaan mereka dalam setiap kompetisi yang digelar FIFA.

Akhir 2010, FIFA sudah memberika dana FAP masing-masing sebesar 250 ribu dolar (2,25 miliar rupiah) bagi setiap negara anggota, plus 2,5 juta dolar bagi keenam konfederasi.

No comments:

Post a Comment