Friday, February 11, 2011

Pertahanan Chievo Benteng Terkokoh 2011

Luca Rigoni
Pertahanan Chievo Benteng Terkokoh 2011. Siapa pemilik pertahanan terbaik di Serie A sejak pergantian tahun 2010 ke 2011? Tim itu bukan Milan, yang rekor kobobolan totalnya sejauh ini masih paling bagus (19 gol dalam 24 pertandingan).

Pemilik benteng terkokoh 2011 ternyata Chievo, tim yang kini menghhuni peringakat ke-10. Dalam tujuh partai sepanjang tahun ini, Chievo hanya kebobolan empat gol. Catatan itu lebih baik dari pada Napoli (5) dan Lazio (6).

Kredit spesal harus diberikan kepada pelatih Stefano Pioli. Melihat pasukannya selalu kebobolan dan menderita 11 gol dalam enam partai antara giornata 13 hingga 18, ia lantas mengubah timnya menjadi sebuah bunker.

Pioli memodifikasi formasi timnya sehingga hampir semua pemain ikut membentengi pertahanan. Bahkan trequqrtista Mariano Bogliacino, yang seharusnya lebih berorientasi menyerang, ikut serta dalam permainan defensif lini tengah yang berpusat pada Luca Rigoni sebagai deep lying playmaker

Hasilnya Chievo tidak terlalu tajam mencetak gol. Mereka hanya membuat tujuh gol dalam tujuh partai. Tapi, kemampuan difesa mereka berubah menjadi luar biasa.

Trio papan atas Serie A, Palemo-Napoli-Lazio, sudah merasakan sulitnya menembus bunker ala Pioli. Palermo, salah satu tim tersubur saat ini, ditahan 0-0. Napoli malah kalah 0-2 dengan Chievo nyaris tak menghadapi resiko kebobolan. Lazio sendiri hanya bisa membuat gol lewat situasi bola mati sebelum diimbangi 1-1.

Dalam enam partai terakhir, Chievo hanya kemasukan dua gol. Semuanya lewat bola mati. Fakta ini menunjukkan Chievo yang sekarang sudah berbeda.

Dalam perjalanan ke depan, dua tim yang sedang bertarung di jalur scudetto, Milan dan Inter, masih akan bertemu Chievo. Dengan kekuatan barunya, Gialloblu mungkin akan ikut menentukan siapa yang bakal menjadi juara.



No comments:

Post a Comment